Cara Membuat Risotto Jamur Liar – Resep

Musim gugur menghadirkan citarasa yang lebih bersahaja, dirayakan dalam risotto jamur liar selangkah demi selangkah ini

Musim gugur bisa terasa sangat gemuk sepanjang tahun di dapur, semua semur yang lezat dan permainan panggang, tetapi juga musim jamur, ketika ladang dan pasar penuh dengan chanterella dan roti sen, puffballs dan ayam hutan … selama yang Anda tahu ke mana harus mencari dan, yang lebih penting, apa yang harus dicari. Risotto sederhana ini, mudah digandakan, adalah cara yang baik untuk memanfaatkan panen yang paling sederhana sekalipun.

Persiapan 10 mnt
Masak 30 menit
Untuk 2 porsi

20g porcini kering
½ bawang merah atau 2 bawang merah
30g parmesan
100g chanterelles segar (atau jamur lainnya)
1,1 liter kaldu ayam atau sayuran
25g mentega, ditambah 2 sdm ekstra untuk menyelesaikan
200g risotto beras – Saya suka carnaroli, tetapi arborio yang lebih banyak tersedia atau lebih banyak vialone nano juga akan melakukan
120ml anggur putih
1 siung bawang putih
Beberapa tangkai peterseli, untuk menyelesaikannya

Potong dan ganti

Hidangan ini sangat serbaguna. Saya menggunakan chanterelles, tetapi hampir semua jamur segar akan melakukan (pada kenyataannya, itu akan menjadi indah dibuat hanya dengan porcini kering saja). Jika Anda tidak memiliki stok, rendam porcini dalam jumlah yang sama dengan air panas. Anda bisa menggunakan sherry atau vermouth kering daripada anggur. Dan untuk versi vegan, ganti mentega dengan minyak zaitun dan keju dengan taburan ragi nutrisi.

Siapkan alasnya

Rebus 150 ml air dan gunakan ini untuk merendam jamur kering setidaknya selama lima menit. Sementara itu, kupas dan potong bawang atau bawang merah dengan halus, parut parmesan dan rapikan dan bersihkan kotoran dari jamur segar dengan kain basah. Jika Anda memiliki jamur besar, potong menjadi potongan-potongan kecil.

Siapkan stok

Bawa kaldu ke dalam api kecil, saring dengan air rendaman jamur, dan sisihkan jamur yang sudah direndam. Cicipi stok: Anda akan menguranginya lebih jauh, jadi itu tidak boleh terlalu asin untuk awal – encerkan dengan sedikit air lagi, jika perlu, lalu biarkan dengan api kecil sambil melanjutkan risotto.

Mulai risotto

Lelehkan mentega dalam panci lebar di atas api sedang-rendah, dan goreng bawang cincang dengan lembut sampai lunak – jangan biarkan warnanya berubah. Masukkan nasi dan masak, aduk, sampai sebagian besar butir terlapisi dan tembus cahaya – ini akan memakan waktu beberapa menit.

Tambahkan stok dan mulai aduk …

Nyalakan sedikit panas di bawah wajan dan, setelah dihangatkan kembali, tuangkan anggur; seharusnya mendesis saat menyentuh panci. Masak, aduk, sampai sebagian besar cairan menguap, lalu mulai tambahkan kaldu satu demi satu, terus aduk saat Anda melakukannya, dan jangan tambahkan sendok kaldu berikutnya sampai panci hampir kering.

Ulangi dan aduk lagi

Setelah sekitar 10 menit, aduk jamur kering yang sudah direndam. Terus tambahkan kaldu dan aduk sampai nasi matang sesuai keinginan Anda – ini akan memakan waktu delapan hingga 12 menit, meskipun berapa lama akan tergantung pada selera Anda. Secara teori, beras harus tetap keras, tetapi tidak berkapur di tengah; namun jika Anda lebih suka itu lebih lembut, itu adalah hak prerogatif Anda.

Sesuaikan konsistensi

Setelah Anda puas dengan tekstur nasi, koreksi konsistensi campuran; risotto tidak boleh duduk di atas piring seperti gumpalan padat, tetapi mengalir melintang seperti gelombang, jadi tambahkan sedikit lebih banyak kaldu, jika perlu, aduk sampai nasi kendur dan lembut. Aduk sebagian besar parmesan parut dan satu sendok makan mentega ekstra, lalu tutup wajan dan diamkan selama 5 menit.

Goreng jamur segar

Sementara risotto sedang beristirahat, cincang halus atau hancurkan bawang putih dan lelehkan sisa sendok makan mentega dalam wajan di atas api sedang. Goreng bawang putih selama 30 detik atau lebih, sebelum menyalakan api dan menambahkan jamur segar. Tumis selama beberapa menit sampai mereka mulai menjadi cokelat di sekitar tepinya, lalu angkat api.
Berkembang terakhir

Beri risotto aduk dan bumbui secukupnya (mungkin tidak perlu garam lagi, karena parmesan sudah memiliki sedikit rasa). Membagi antara piring atau mangkuk dangkal dan atasnya dengan campuran jamur goreng. Potong kasar peterseli dan taburkan di atasnya, lalu selesaikan dengan sisa keju dan makan segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *